Sunday, May 29, 2011

"Suku Madura" sang pengelana tangguh

Madura, sangat terkenal akan karapan sapinya bahkan karapan sapi pun masuk dalam pelajaran sejarah/ geografi di sekolah. Pulau yang terletak di ujung Surabaya yang kini sudah terhubung dengan jembatan terpanjang se-Indonesia yang tak lain adalah jembatan suramadu.

Selain karapan sapi dan ramuan khas madura untuk menjaga stamina, suku madura juga terkenal akan ketangguhannya dalam berkelana. Hampir seluruh daerah di Indonesia pasti terdapat suku madura, sehingga terdapat sesuatu yang khas dan ada beberapa makanan ataupun usaha yang apabila kita menyebutnya pasti ingat akan Madura.

Lalu apa saja yang terkenal dari suku Madura :
1. Sate Madura 
Tak ada yang menyangkal sate sangat identik dengan madura, sate ayam maupun sate kambing yang pasti harus madura. Sate madura sudah terkenal hingga pelosok-pelosok Indonesia, maka tak pelak rasanya yang khas membuat pembeli pun jatuh cinta dan akan selalu ingat kalau sate pasti sate madura. Bumbu kacang maupun bumbu bawangnya membuat sate madura memang sangat lezat yang terkenal dengan ramuan madura.

2. Pangkas Rambut Madura
Di daerah Jawa antrian di depan pemangkas rambut biasa kita temui, antrian tersebut bukan di salon namun di depan pangkas rambut madura. Selain terkenal karena rapi, modelnya yang up to date, pangkas rambut madura juga terkenal karena cepat ketika memangkas rambu sehingga membuat pelanggan pasti kembali kesini. Ramainya persaingan pemangkas rambut yang membawa nama daerah sebagai ciri khas tak membuat pangkas rambut madura tenggelam, justru membuat pangkas rambut ini malah semakin menjamur dimana-mana. 

3. Jual Beli Besi Tua
Jual beli besi tua juga menjadi salah profesi demi mengeruk rupiah. Dimana-mana sudah terkenal dengan jual beli besi tua madura, biasanya lapak ini sangat sederhana dan terletak dipinggiran kota dan bentuk lapaknya yang semrawut karena memang menampung barang-barang bekas terutama besi tua. Besi tua ini biasanya mereka bawa ke surabaya untuk disetor ke pabrik pengolahan besi, tak hanya di daerah jawa namun daerah luar jawa pun kita dapat dengan mudah temui jual beli besi tua madura.

No comments:

Post a Comment

Blog Archive