Friday, April 22, 2011

Dahlan Iskan Mimpi Semua Kendaraan Pakai Energi Listrik


Salah satu pejabat favorit-ku, yang beritanya aku ikutin lewat jawa pos (pemilik jawa pos group) Pak Dahlan Iskan. Membangun pembangkit listrik sendiri di kalimantan sebelum menjadi dirut PLN dan begitu jadi dirut PLN, banyak banget program2 yang dijalankan...dan bukan cuma "TALK ONLY", semua mimpi perlahan jadi kenyataan...semoga bisa ditiru pejabat yang lain

 
Jakarta - Direktur Utama PT PLN (Persero) Dahlan Iskan memiliki rencana untuk melakukan elektrifikasi terhadap kendaraan-kendaraan bermotor yang ada di Indonesia. Hal ini  dapat mengurangi penggunaan BBM yang ke depannya semakin mahal dan langka.

Demikian disampaikan Dahlan ketika ditemui detikFinance di lapangan kompleks Kantor Pusat PLN saat menguji coba kendaraan sepeda motor listrik, Jakarta, Jumat (8/4/2011)

"Memang kita punya cita-cita kalau bisa seluruh mobil dan motor itu pakai listrik, pertama kan BBM mahal terus, dan kedua biar bisa kurangi polusi. Sekarang lagi kita pilih untuk pulau tertentu supaya satu motor di sana bisa pakai kendaraan listrik," kata Dahlan sambil menunjukkan motor listrik  yang dinaikinya.

Dahlan juga mengakui, bahwa hal ini tidak sekedar rencana, tapi ingin menjadi sebuah program tersendiri dan bisa menjadi sebuah kenyataan.

"Walau tahun ini bukan prioritas, tapi kita ingin uji coba dulu. Sepeda motor ini kan juga tidak kalah keren. Murah pula. Bentuknya modis, tampilannya bagus, kan tadi saya uji coba dua kali tanjakan di lobby kantor tidak ada masalah. Tinggal masalah kebiasaan saja," jelasnya.

Dikatakannya bahwa hal ini ingin ia uji coba pada saatnya. Elektrifikasi kendaraan tahap awal bisa dilakukan di pulau tertentu ini bisa menjadi program nyata pada dua tahun mendatang.

"Sekarang masih uji coba, kita mau cari satu pulau yang 100% kendaraannya bisa pakai listrik," ungkapnya.

Tapi Dahlan menegaskan, bahwa hal ini perlu diuji coba terlebih dahulu, rencana tersebut masih terlalu awal. Banyak hal yang harus diselesaikan oleh PLN terkait krisis listrik, efisiensi, subsidi listrik, daftar tunggu pelanggan listrik, dan lain-lain.

"Ini masih terlalu awal, banyak yang harus diselesaikan. Yang pasti ini bisa lebih hemat," tegasnya.

Ditempat yang sama, Direktur Operasi PLN bagian Indonesia Barat Harr Jaya menyampaikan, bahwa uji coba ini nantinya bisa digunakan oleh para petugas teknis PLN di lapangan. Sehingga hal tersebut membantu penghematan operasional penggunaan BBM.

"Bisa digunakan untuk karyawan dalam pelayanan teknis. Digunakan di lingkungan internal kita, jadi untuk di daerah dalam hal pelayanan teknis. Kan bakal bisa turunkan penggunaan BBM," terangnya.

No comments:

Post a Comment

Blog Archive