Wednesday, March 30, 2011

5 Cara Sederhana Untuk Dapatkan Jantung Sehat

Surabaya - Setiap orang tentunya ingin memiliki jantung yang sehat. Namun untuk mendapatkannya tidaklah mudah. Sedari dini, Anda perlu lebih memperhatikan kesehatan, salah satunya dengan lima langkah sederhana ini.

Menurut Holly Andersen, direktur pendidikan di rumah sakit NewYork-Presbyterian, ada beberapa langkah yang sebaiknya dilakukan untuk meningkatkan kesehatan jantung dan tubuh setiap tahunnya. Berikut lima cara sederhana tersebut, seperti yang dikutip dari Times of India.

1. Kenali angka Anda
Angka disini maksudnya adalah jumlah tekanan darah, kolesterol, tingkat trigliserida. Mengetahui jumlah tersebut merupakan langkah awal yang sangat penting untuk memulai hidup sehat agar mendapatkan jantung kuat.

2. Mulailah berjalan
Berolahraga merupakan salah satu cara untuk membuat Anda tetap awet muda. Berjalan kaki selama kurang lebih 20 hingga 30 menit setiap minggu, dapat mengurangi kematian dini lebih dari 50 persen.

3. Perbanyak tertawa

Tertawa adalah obat yang paling mujarab. Tertawa 15 menit setara dengan 30 menit latihan aerobik untuk jantung. Tetawa juga sering dikaitkan dengan fungsi sehat pembuluh darah, peningkatan hormon otak yang memperbaiki mood dan pengurangan rasa sakit serta cemas.

4. Fokus pada ukuran pinggang
Ukuran pinggang merupakan indikator terbaik atas kesehatan Anda secara keseluruhan bila dibandingkan dengan berat badan. Jumlah lemak yang mengelilingi inggang Anda secara langsung berhubungan dengan tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi yang akan mengakibatkan peningkatan risiko diabetes.

5. Tidur nyenyak
Tidur merupakan kegiatan sehari-hari yang paling mutlak memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Kurangnya waktu tidur bisa meningkatkan tekanan darah, menyebabkan stres, membuat nafsu makan meningkat dan memperlambat metabolisme tubuh.

No comments:

Post a Comment

Blog Archive