Saturday, June 25, 2011

Makanan tradisional yang syarat Gizi

Hidup di kota memang menyajikan banyak pilihan, tak terkecuali dalam hal kuliner. Berbagai makanan dijajakan di berbagai tempat, mulai dari makanan siap saji, makanan berbagai daerah hingga makanan mancanegara yang mungkin masih asing bagi lidah kita. Makanan siap saji menjadi favorit dikarenakan kepraktisan dan rasanya yang memanjakan lidah konsumen. Namun dibalik itu ternyata makanan siap saji mengandung bahan-bahan yang jika tidak dikontrol dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Makanan siap saji banyak mengandung gula, lemak, bahan penguat rasa dan bahan pengawet. Makanan tradisional di kota besar sangat jarang kita temui dikarenanakan tergusur oleh makanan-makanan modern, padahal makanan tradisional dikenal terbuat dari bahan-bahan alami yang menyehatkan.

Beberapa  makanan tradisional yang syarat gizi :
1. Pecel : Berbahan utama sayur bayam, kacang panjang, tauge ditabur dengan sambal kacang.,makanan ini mengandung banyak gizi dan vitamin yang terkandung dalam bayam.  Cara membuat nasi pecel pun sangat mudah sehingga tak perlu repot dalam menyiapkan sajian ini. Semua sayuran cukup direbus sampai agak lunak kemudian air ditiriskan dan sayuran dilumuri dengan sambal kacang. Di beberapa daerah pecel juga ditambah dengan bunga Turi yang terasa pahit.

2. Karedok : Karedok adalah makanan khas daerah Jawa, tepatnya Jawa Barat. Masakan ini sangat unik karena semua sayuran dalam keadaan segar, tanpa melalui proses pemasakan sehingga kandungan gizi dan seratnya sangat padat. Karedok berbahan kacang panjang muda, daun kol, taoge, bengkuang, ketimun, dan daun kemangi. 

3. Asinan Bogor :makanan asli dari bogor ini mudah kita temui ketika bulan puasa. makanan ini mirip dengan karedok yang berbahan utama sayuran dan buah, cuma bumbu dari asinan bogor memakai cuka yang membuat rasanya sediki asam.

4. Gado-gado :Gado-gado relatif mudah kita temui di mana-mana. makanan yang berbahan berbagai macam sayuran seperti wortel, kacang panjnag, buncis, kol, kentang, tauge kemudian ditaburi sambel kacang dan di makan dengan lontong maupun nasi.

No comments:

Post a Comment

Blog Archive